Silabus

Dalam dunia pendidikan sekarang mungkin sudah tidak asing lagi istilah silabus dan RPP itu karena dua kompoenen tersebut merupakan suatu yang harus ada dalam pembelajaran. Namun mungkin saja masih ada diantara kita yang belum paham mengenai apa sebenarnya silabus itu? Berikut ini kami jelaskan bahwa silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Untuk lebih jelasnya lagi berikut ini saya sajikan seluk beluk mengenai silabus sebagai berikut:

1.    Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
2.    Isi Silabus
Isi silabus berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukakan oleh Nurhadi, bahwa:
-    Bidang studi yang diajarkan
-    Tingkat sekolah dan semester
-    Pengelompokkan kompetensi dasar
-    Materi pokok
-    Indikator
-    Strategi pembelajaran
-    Alokasi waktu
-    Bahan atau alat serta media
3.    Manfaat Silabus
Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian.
4.    Prinsip Pengembangan Silabus
-    ilmiah
-    relevan
-    sistematis
-    konsisten
-    memadai
-    aktual dan konstektual
-    fleksibel
-    menyeluruh

5.    Langkah Pengembangan Silabus
-    mengkaji SK dan KD
-    mengidentifikasi materi pokok
-    mengembangkan pengalaman belajar
-    merumuskan indikator keberhasilan belajar
-    menentuk jenis penilaian
-    menentukan alokasi waktu
-    menentukan sumber belajar
6.    Silabus dan Kisi-kisi Penelitian
Silabus dan sistem penilaian disusun berdasarkan prinsip yang berorientasi pada pencapaian kompetensi. Sesuai  dengan prinsip tersebut, maka silabus dan sistem penilaian mata pelajaran harus disusun sesuai dengan kebutuhan daerah atau sekolah. Silabus dan sistem penilaian berfunsi untuk mengetahui kemajuan belajar siswa mendiagnosis kesulitan belajar memberikan umpan balik, melakukan perbaikan, memotivasi guru agar mengajar lebih baik, dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik.

Pada kesempatan ini tidak lupa saya akan memberikan salah satu contoh silabus yang mungkin dapat menjadi acuan atau gambaran bagi teman-teman yang akan menyusun silabus tersebut. Jika teman-teman berminat untuk memesan RPP atau Silabus tentang mata pelajaran tertentu teman-teman bisa menghubungi email: ayurostikathea@yahoo.co.id atau sms ke 02259510535. File RPP sesuai pesanan akan kami kirim ke email Anda atau kami sajikan disini. Jadi Anda tinggal kembali lagi ke blog ini nanti link downloadnya akan saya sediakan. Sebagai salah satu contoh silabus teman-teman bisa menondwloadnya disini



1 komentar:

maklum gaptek, tadinya susah ngemunculin post comentnya, eh sekarang maha ada dua tampilannya, cape ah

Post a Comment

Silahkan Komentar Yach!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites