IMPLEMENTASI TEKNIK MENGGALI PENGALAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS V SD



PROPOSAL PENELITIAN

IMPLEMENTASI TEKNIK MENGGALI PENGALAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS V SD

1.1 Latar Belakang Masalah
Kegiatan membaca menduduki posisi serta peranan yang sangat penting dalam konteks kehidupan manusia. Dengan membaca, akan membuka peluang atau jembatan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk meraih kemajuan dan kesuksesan baik di lingkungan dunia sekolah maupun di lingkungan dunia kerja.
Memperhatikan uraian di atas, jelaslah bahwa seseorang yang berkeinginan maju dan sukses harus mempunyai kemampuan dalam membaca. Akan tetapi kegiatan keterampilan membaca bukanlah hal yang mudah karena keterampilan tersebut merupakan sesuatu yang sangat kompleks sifatnya, yang melibatkan keterampilan lain yang cenderung rumit dan pelik dalam penguasaannya. Tarigan, (1987 : 10) membaca merupakan suatu keterampilan yang kompleks, yang mencakup atau melibatkan yang lebih kecil.
Oleh karena itu pengajaran membaca yang termasuk pada bidang studi bahasa Indonesia di setiap jenjang pendidikan semenjak sekolah dasar hingga perguruan tinggi dipelajari agar siswa mampu serta terampil dalam membaca yang baik.
Tujuan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya pengajaran membaca di SD, yaitu siswa mampu menikmati, memahami, dan memanfaatkan bahan bacaan tersebut untuk mengembangkan kepribadian, dan memperluas wawasannya.
Kenyataannya dalam pembelajaran membaca di SD, khususnya di Kelas V Sekolah Dasar Negeri masih rendah. Hal ini, dilihat dari hasil Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hampir 50% mengikuti remedial dalam komponen keterampilan membaca pemahaman teks berita. Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri tersebut kurang mampu menemukan topik berita, gagasan pokok, dan gagasan penjelas dari setiap teks berita yang dibacanya.
Dengan permasalahan-permasalahan tersebut di atas, maka perlu suatu penelitian tindakan kelas dengan judul "Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berita dengan Teknik Menggali Pengalaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri
1.2 Pembatasan Masalah
Berdasarkan penjelasan-penjelasan latar belakang di atas, maka masalah dalam penelitian ini akan dibahas pada hal-hal berikut.
1)     Masalah yang dibahas dalam penelitian ini dibatasi kepada peningkatan kemampuan membaca teks berita.
2)     Teknik yang digunakan dalam peningkatan kemampuan membaca teks berita tersebut adalah teknik menggali pengalaman
3)     Subjek dan setting penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini akan dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya berikut ini.
1)     Bagaimana langkah-langkah persiapan teknik menggali pengalaman dalam peningkatan kemampuan membaca teks berita siswa Kelas V Sekolah Dasar
2)     Bagaimana proses pelaksanaan teknik menggali pengalaman dalam peningkatan kemampuan membaca teks berita siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri tahun pelajaran 2011-2012
3)     Bagaimanakah kemampuan membaca teks berita siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri sebelum dilaksanakan pembelajaran membaca teks berita dengan menggali pengalaman?
4)     Bagaimanakah kemampuan membaca teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri sesudah dilaksanakan pembelajaran membaca teks berita dengan teknik menggali pengalaman?

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan titik tolak sebelum kegiatan dilaksanakan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan sebagai berikut.
1)     Memberikan gambaran langkah-langkah persiapan teknik menggali pengalaman dalam peningkatan kemampuan membaca teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri tahun pelajaran 2011-2012.
2)     Memberikan gambaran proses pelaksanaan teknik menggali pengalaman dalam peningkatan kemampuan membaca teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri tahun pelajaran 2011-2012.
3)     Memberikan gambaran kemampuan membaca teks berita membaca teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri sebelum dilaksanakan pembelajaran membaca teks berita dengan teknik menggali pengalaman.
4)     Memberikan gambaran kemampuan membaca teks berita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri sesudah dilaksanakan pembelajaran membaca teks berita dengan teknik menggali pengalaman.
1.5 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat kepada penulis, guru, siswa, siswa dan masyarakat pada umumnya. Adapun manfaat tersebut secara terinci adalah sebagai berikut.
1)     Bagi penulis
a.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi penulis dalam mengembangkan teknik menggali pengamatan siswa dijadikan motivasi membaca teks berita.
b.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi penulis sebagai penelitian awal untuk dilanjutkan penelitian yang relevan dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar.
2)     Bagi guru
a.      Memberikan penyegaran kepada guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran membaca teks berita.
b.      Memberikan masukan dalam memilih teknik pembelajaran membaca, khususnya membaca teks berita.
3)     Bagi siswa
a.      Memberikan gambaran teknik menggali pengalaman dapat meningkatkan kemampuan siswa.
b.      Meningkatkan kebiasaan mengembangkan membaca teks berita dengan teknik menggali pengalaman.
c.      Meningkatkan efektifitas dan efisiensi bagi siswa dalam membaca teks berita dan menambah wawasan yang luas dalam membaca teks berita
4)     Bagi sekolah
a.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi sekolah sebagai referensi teknik-teknik pembelajaran membaca khususnya di kelas V sekolah dasar
b.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi sekolah sebagai sumber bagi guru-guru dalam mengajar membaca dan sebagai bahan penelitian lanjutan
5)     Bagi masyarakat
a.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya untuk dijadikan salah satu sumber bacaan, khususnya sumber bacaan keterampilan membaca.
b.      Hasil penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan pemahaman teknik yang digunakan dalam membaca teks berita.

1.6 Definisi Operasional
Untuk menghindari salah penafsiran terhadap istilah yang digunakan dalam judul penelitian ini, berikut ini dikemukakan batasan operasional sebagai berikut.
1)      Kemampuan adalah potensi diri yang dimiliki seseorang. Dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan potensi siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri
2)      Membaca merupakan proses memahami dan merekonstruksi makna yang terkandung dalam bahan bacaan. Pesan atau makna yang terkandung dalam teks bacaan merupakan interaksi timbal balik, interaksi aktif, dan interaksi dinamis antara pengetahuan dasar yang dimiliki pembaca dengan kalimat-kalimat, fakta, dan informasi yang tertuang dalam teks bacaan dalam penelitian ini dalam teks berita
3)      Teknik adalah cara untuk melakukan sesuatu agar tujuan yang diharapkan sesuai dengan harapan. Dalam penelitian ini adalah teknik menggali pengalaman untuk mencapai tujuan meningkatkan membaca pemahaman siswa.

1.7 Anggapan Dasar
Menurut Surakhmad (1985:37) anggapan dasar adalah titik tolak atau yang menjadi tumpuan segala pandangan dan kegiatan terhadap masalah yang dihadapi Adapun yang menjadi anggapan dasar dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1)     Membaca merupakan suatu kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga (Ruhendi.S,1989: 3).
2)     Membaca merupakan salah satu dasar yang wajib untuk dimiliki oleh setiap siswa.
3)     Membaca merupakan jembatan bagi siswa maupun siapa saja yang berkeinginan untuk meraih kemajuan dan kesuksesan, baik itu di dunia persekolahan maupun di dunia pekerjaan.
1.9 Hipotesis Tindakan
Hipotesis adalah jawaban sementara dari masalah yang diteliti dan dirumuskan atas dasar terkaan peneliti. Jawaban sementara yaitu akan diuji dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian dan hasil penelitiannya adalah generalisasi yang merupakan temuan-temuan yang bersangkutan (Ali, 1992:31).
Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah; " Dengan teknik menggali pengalaman, siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri meningkatkan kemampuan membaca teks berita".

1.10 Setting Penelitian
1.10.1 Subjek Penelitian
Mengingat metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), maka subjek penelitian terfokus kepada satu kelas saja yang dibina oleh peneliti yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri yang berjumlah 37 orang yang masing-masing 15 orang laki-aki dan 22 orang perempuan.

1.11 Metode Teknik Penelitian
1.11.1 Metode Penelitian
Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alasan pemilihan metode ini adalah Penelitian Tindakan kelas tiada lain bertujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar.
Dengan demikian diharapkan hasil dari penelitian ini akan memberikan dampak kepada kualitas proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri dalam pembelajaran membaca teks berita dengan menggunakan teknik menggali pengalaman.
1.11.2 Teknik Penelitian
Teknik merupakan salah satu usaha bagaimana cara yang harus ditempuh dengan menggunakan metode tertentu agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dalam penelitian dapat tercapai. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan teknik-teknik sebagai berikut.
a.      Teknik Observasi
Teknik ini merupakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti sehingga tujuan penelitian dapat tercapai.
b.      Studi Pustaka
Teknik ini digunakan untuk memperoleh berbagai teori yang akan dijadikan acuan dalam melaksanakan suatu penelitian. Studi pustaka ini berupa kajian terhadap buku-buku yang berfungsi sebagai reterensi.
c.      Teknik Tes
Teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai implementasi teknik dalam pembelajaran membaca sekilas berita, yaitu sisvva menjawab soal-soal yang berhubungan dengan menemukan makna tersirat teks. Dengan teknik ini akan menghasilkan data untuk diukur sebarapa jauh kemampuan siswa dalam menemukan makna tersirat dalam dua teks sebagai hasil pembelajaran membaca sekilas dengan teknik menggali pengalaman.
1.12 Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga lebih mudah diolah (Arikunto, 1998 : 151). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan permintaan prosedur Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yaitu diperlukannya silabus Rencana Pelaksanaan Pembeajaran (RPP), Lembar Observasi/Pengamatan, Lembar Tes Membaca teks berita.

1.13 Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian perencanaan (planning), tindakan [action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus.

SIKLUS 1

a.      Perencanaan Tindakan (Planning)
1.      Mengidentifikasi masalah yang muncul ketika pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
2.      Menganalisis dan merumuskan masalah dalam pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
3.      Merancang pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
4.      Mendiskusikan penerapan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
5.      Menyiapkan instrumen pembelajaran (pedoman observasi, LKS, dan lembaran tes).
b.      Pelaksanaan Tindakan (Action)
1.      Melaksanakan langkah-langkah pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri dengan teknik menggali pengalaman.
2.      Menerapkan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
3.      Melakukan pengamatan terhadap setiap langkah-Iangkah kegiatan sesuai rencana.
4.      Memperhatikan alokasi waktu yang ada dengan banyaknya kegiatan yang dilaksanakan.
5.      Mengantisipasi dengan melakukan solusi apabila menemui kendala saat melakukan tahap tindakan.
c.      Pengamatan Tindakan (observasi)
1.      Melakukan diskusi dengan guru untuk rencana pelaksanaan observasi.
2.      Melakukan pengamatan terhadap pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
3.      Mencatat setiap kegiatan dan perubahan yang terjadi saat penerapan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
4.      Melakukan diskusi dengan guru untuk membahas tentang kelemahan-kelemahan atau kekurangan yang dilakukan guru serta memberikan saran perbaikan untuk pembelajaran berikutnya.
Tahap refleksi (Reflection)
1.      Menganalisis temuan saat melakukan observasi pelaksanaan observasi
2.      Menganalisis kelemahan dan keberhasilan guru saat menerapkan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri dengan teknik menggali pengalaman dan mempertimbangkan langkah selanjutnya.
3.      Melakukan refleksi terhadap penerapan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
4.      Melakukan refleksi terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran.
5.      Melakukan refleksi terhadap hasil belajar siswa.


SIKLUS II
a.      Perencanaan Tindakan Tahap Perencanaan (Planning)
  1. Hasil refleksi dievaluasi, didiskusikan, dan mencari upaya perbaikan untuk diterapkan pada pembelajaran berikutnya
  2. Mendata masalah dan kendala yang dihadapi saat pembelajaran
  3. Merancang perbaikan II berdasarkan refleksi siklus 1
b.      Pelaksanaan Tindakan (Action)
  1. Melakukan analisis pemecahan masalah
  2. Melaksanakan tindakan perbaikan II dengan memaksimalkan penerapan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
c.      Pengamatan Tindakan (observation)
  1. Melakukan pengamatan terhadap penerapan pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
  2. Mencatat perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
  3. Melakukan diskusi membahas masalah yang dihadapi saat pembelajaran dan memberikan balikkan

3.3.1 Analisis Data dan Refleksi
  1. Merefleksi proses pembelajaran membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
  2. Merefleksi hasil belajar siswa dengan penerapan membaca Teks berita dengan teknik menggali pengalaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri
  3. Menganalisis temuan dan hasil akhir penelitian.
  4. Menyusun laporan hasil penelitian.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, Yazir. 1971. Problema Banana dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Ganako, NV.
Depdiknas. 1989. Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta; Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdiknas. 2006 Standar Isi SD Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.
Natawidjaja, Rochman. 1997. Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Depdikbud IKIP Bandung.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustam Mudilarto, 2004. Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti, Depdiknas,
Santoso, Puji. 2005. Materi dan Pengembangan Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soedarso. 2004. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Supriadi, dkk. 1995. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tampubolon, D.P. 2002. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsisi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Komentar Yach!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites