ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN


ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN

Pendidikan itu selalu mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan sosial budaya dan IPTEK. Pemikiran-pemikiran yang membawa pembaruan pendidikan itu disebut aliran-aliran pendidikan. Pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran penting dalam pendidikan akan membekali tenaga kependidikan dengan wawasan kesejarahan. Aliran-aliran pendidikan telah diawali sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari oran tuanya.

  1. Aliran Empirisme
            Aliran empirisme bertolak dari Lockean tradition yang mementingkan stimulasi eksternal dalam perkembangan manusia, dan menyatakan bahwa perkembangan anak tergantung kepada lingkungan sedangkan pembawaan tidak dipentingkan. Tokoh perintis pandangan ini adalah filsuf Inggris bernama John Locke (1704 – 1932) yang mengembangkan teori “Tabula Rasa” yakni anak lahir di dunia bagaikan kertas putih yang bersih. Pengalaman empirik yang diperoleh dari lingkungan akan berpengaruh besar dalam menentukan perkembangan anak.

2. Aliran Nativisme
            Aliran nativisme bertolak dari Leibnitzian tradition yang menekankan kemampuan dalam diri anak sehingga faktor lingkungan termasuk faktor pendidikan kurang berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hasil perkembangan tersebut ditentukan oleh pembawaan yang sudah diperoleh sejak lahir. Lingkungan kurang berpengaruh terhadap pendidikan danperkembangan anak.Filsuf Jerman Schopenhauer berpendapat bahwa bayi itu lahir sudah dengan pembawaan baik dan buruk. Berdasarkan pandangan ini maka keberhasilan pendidikan ditentukan oleh anak didika itu sendiri. Penganut pandangan ini menyatakan bahwa kalau anak mempunyai pembawaan jahat maka dia akan menjadi jahat dan sebaliknya.

3. Aliran Naturalisme
            Pandangan yang ada persamaannya dengan nativisme adalah aliran naturalisme yang dipelopori oleh seorang filsuf Prancis J. J Rousseau. Beliau berpendapat bajwa semua anak yang baru dilahirkan mempunyai pembawaan buruk. Pembawaan baik anak akan menjadi rusak karena dipengaruhi oleh lingkungan. Beliau juga berpendapat bahwa pendidikan yang diberikan oleh orang dewasa malahan dapat merusak pembawaan anak yang baik itu. Aliran ini juga disebut negativisme karena berpendapat bahwa pendidik wajib membiarkan pertumbuhan anak pada alam agar pembawaan yang baik itu tidak menjadi rusak oleh tangan manuia melaui proses dan kegiatan pendidikan itu.

4. Aliran Konvergensi
            Perintis aliran ini adalah William Stern seorang ahli pendididkan bangsa Jerman yang berpendapat bahwa seorang anak dilahirkan didunia sudah disertai pembawaan baik maupun buruk. Penganut aliran ini berpendapat bahwa dalam proses perkembangan anak baik faktor pembawaan maupun lingkungan sama-sama mempunyai peranan yang sangat penting. Bakat yang dibawa pada waktu lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu.
      Aliran konvergensi pada umumnya diterima secara luas sebagai pandangan yang tepat dalam memahami tumbuh kembang manusia.

1 komentar:

The Best Casino Near Reno, NV - MapYRO
Best 영천 출장마사지 Casino Near 이천 출장안마 Reno, NV. Casino Overview The best casino near Reno 군산 출장안마 is 창원 출장마사지 at the entrance 서귀포 출장안마 to the casino. This casino is located in the heart of the Great

Post a Comment

Silahkan Komentar Yach!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites