ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN
Pendidikan itu selalu mengalami perkembangan
seiring dengan perkembangan sosial budaya dan IPTEK. Pemikiran-pemikiran yang
membawa pembaruan pendidikan itu disebut aliran-aliran pendidikan. Pemahaman
terhadap pemikiran-pemikiran penting dalam pendidikan akan membekali tenaga
kependidikan dengan wawasan kesejarahan. Aliran-aliran pendidikan telah diawali
sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan
dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik
dari oran tuanya.
1. Aliran Empirisme
Aliran
empirisme bertolak dari Lockean tradition yang mementingkan stimulasi eksternal
dalam perkembangan manusia, dan menyatakan bahwa perkembangan anak tergantung
kepada lingkungan sedangkan pembawaan tidak dipentingkan. Tokoh perintis
pandangan ini adalah filsuf Inggris bernama John Locke (1704 – 1932) yang
mengembangkan teori “Tabula Rasa” yakni anak lahir di dunia bagaikan kertas
putih yang bersih. Pengalaman empirik yang diperoleh dari lingkungan akan
berpengaruh besar dalam menentukan perkembangan anak.
2. Aliran Nativisme
Aliran nativisme bertolak dari Leibnitzian
tradition yang menekankan kemampuan dalam diri anak sehingga faktor lingkungan
termasuk faktor pendidikan kurang berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hasil
perkembangan tersebut ditentukan oleh pembawaan yang sudah diperoleh sejak
lahir. Lingkungan kurang berpengaruh terhadap pendidikan danperkembangan
anak.Filsuf Jerman Schopenhauer berpendapat bahwa bayi itu lahir sudah dengan
pembawaan baik dan buruk. Berdasarkan pandangan ini maka keberhasilan
pendidikan ditentukan oleh anak didika itu sendiri. Penganut pandangan ini
menyatakan bahwa kalau anak mempunyai pembawaan jahat maka dia akan menjadi
jahat dan sebaliknya.
3. Aliran Naturalisme
Pandangan yang ada persamaannya dengan
nativisme adalah aliran naturalisme yang dipelopori oleh seorang filsuf Prancis
J. J Rousseau. Beliau berpendapat bajwa semua anak yang baru dilahirkan
mempunyai pembawaan buruk. Pembawaan baik anak akan menjadi rusak karena
dipengaruhi oleh lingkungan. Beliau juga berpendapat bahwa pendidikan yang
diberikan oleh orang dewasa malahan dapat merusak pembawaan anak yang baik itu.
Aliran ini juga disebut negativisme karena berpendapat bahwa pendidik wajib
membiarkan pertumbuhan anak pada alam agar pembawaan yang baik itu tidak
menjadi rusak oleh tangan manuia melaui proses dan kegiatan pendidikan itu.
4. Aliran Konvergensi
Perintis aliran ini adalah William Stern
seorang ahli pendididkan bangsa Jerman yang berpendapat bahwa seorang anak
dilahirkan didunia sudah disertai pembawaan baik maupun buruk. Penganut aliran
ini berpendapat bahwa dalam proses perkembangan anak baik faktor pembawaan
maupun lingkungan sama-sama mempunyai peranan yang sangat penting. Bakat yang
dibawa pada waktu lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan
lingkungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu.
Aliran
konvergensi pada umumnya diterima secara luas sebagai pandangan yang tepat
dalam memahami tumbuh kembang manusia.
1 komentar:
The Best Casino Near Reno, NV - MapYRO
Best 영천 출장마사지 Casino Near 이천 출장안마 Reno, NV. Casino Overview The best casino near Reno 군산 출장안마 is 창원 출장마사지 at the entrance 서귀포 출장안마 to the casino. This casino is located in the heart of the Great
Post a Comment
Silahkan Komentar Yach!