SEJARAH PERKEMBANGAN
PENDIDIKAN
- Pengertian
Pendidikan dari segi bahasa berasal dari kata
dasar didik, dan diberi awalan men, menjadi mendidik, yaitu kata kerja yang
artinya memelihara dan memberi latihan (ajaran). Pendidikan sebagai kata benda
berarti proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang
dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.
Sedangkan menurut istilah, pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari
pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama untuk
memperkenalkan warga masyarakat baru (generasi muda) pada pengenalan terhadap
kewajiban dan tanggung jawabnya ditengah masyarakat. Pendidikan adalah suatu
aktivitas social penting yang berfungsi untuk mentransformasikan keadaan suatu
masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.
Menurut Undang-Undang Sistem Nasional Nomor 20
tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan kepribadian
masyarakat.
Pendidikan menurut Imam Gazali ; Sesungguhnya
hasil ilmu adalah mendekatkan diri pada Allah SWT, Tuhan semesta alam
menghubungkan diri terhadap ketinggian malaikat yaitu terhadap upaya
mengembangkan ilmu melalui ilmu pengajaran bukan ilmu beku ataupun tidak
berkembang.
- Perkembangan Terhadap Konsep Pendidikan
a. Konsep
Pendidikan Pada Zaman Peradaban Yunani
Pada zaman peradaban Yunani
terdapat tiga tipe, yaitu :
·
Tipe pemikir
; Untuk mengatur negara
·
Tipe ksatria
; Pengaman negara
·
Tipe
pengusaha ; Penjamin kemakmuran dan kesehateraan negara.
b.
Konsep
Pendidikan Pada Zaman Peradaban Romawi
Pendidikan pada zaman ini diarahkan untuk
menyiapkan manusia terbaik sebagai orator (diarahkan menguasai grammer, musik,
astronomi, histori, hukum, dan filsafat).
c.
Konsep
Pendidikan Pada Zaman Pertengahan
Pendidikan diarahkan untuk
mengabdi kepada sang khaliq.
d.
Menjelang
Abad Modern
Menjelang abad modern muncul pendidikan di
dunia barat, diawali dengan renaisance. Pada abad ini terdapat tiga faham dan
aliran yang berkembang :
v Aliran Nativisme/Naturalisme
Tokoh aliran ini adalah J.J. Rousseau (Tahun
1712-1718 M) dan Schopenhoure. Rousseau berpendapat bahwa anak dilahirkan sudah
mempunyai potensi insaniah dan dapat berkembang sendiri.
v Aliran Empirisme
Tokoh aliran ini adalah John Lock (Tahun 1632-1704
M), berpendapat bahwa anak lahir seperti kertas putih, anak lahir tidak punya
apa-apa dan dibentuk oleh lingkungan).
v Aliran Konvergensi
Tokoh aliran ini adalah William Stern (Tahun 1871-1939), Berpendapat bahwa seorang anak dilahirkan ke dunia sudah disertai pembawaan baik maupun buruk.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan Komentar Yach!