SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN


SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN

  1. Pengertian
Pendidikan dari segi bahasa berasal dari kata dasar didik, dan diberi awalan men, menjadi mendidik, yaitu kata kerja yang artinya memelihara dan memberi latihan (ajaran). Pendidikan sebagai kata benda berarti proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Sedangkan menurut istilah, pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama untuk memperkenalkan warga masyarakat baru (generasi muda) pada pengenalan terhadap kewajiban dan tanggung jawabnya ditengah masyarakat. Pendidikan adalah suatu aktivitas social penting yang berfungsi untuk mentransformasikan keadaan suatu masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.
Menurut Undang-Undang Sistem Nasional Nomor 20 tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan kepribadian masyarakat.
Pendidikan menurut Imam Gazali ; Sesungguhnya hasil ilmu adalah mendekatkan diri pada Allah SWT, Tuhan semesta alam menghubungkan diri terhadap ketinggian malaikat yaitu terhadap upaya mengembangkan ilmu melalui ilmu pengajaran bukan ilmu beku ataupun tidak berkembang.

  1. Perkembangan Terhadap Konsep Pendidikan
a.   Konsep Pendidikan Pada Zaman Peradaban Yunani
Pada zaman peradaban Yunani terdapat tiga tipe, yaitu :
·        Tipe pemikir ; Untuk mengatur negara
·        Tipe ksatria ; Pengaman negara
·        Tipe pengusaha ; Penjamin kemakmuran dan kesehateraan negara.

b.   Konsep Pendidikan Pada Zaman Peradaban Romawi
Pendidikan pada zaman ini diarahkan untuk menyiapkan manusia terbaik sebagai orator (diarahkan menguasai grammer, musik, astronomi, histori, hukum, dan filsafat).

c.   Konsep Pendidikan Pada Zaman Pertengahan
Pendidikan diarahkan untuk mengabdi kepada sang khaliq.

d.   Menjelang Abad Modern
Menjelang abad modern muncul pendidikan di dunia barat, diawali dengan renaisance. Pada abad ini terdapat tiga faham dan aliran yang berkembang :
v     Aliran Nativisme/Naturalisme
Tokoh aliran ini adalah J.J. Rousseau (Tahun 1712-1718 M) dan Schopenhoure. Rousseau berpendapat bahwa anak dilahirkan sudah mempunyai potensi insaniah dan dapat berkembang sendiri.
v     Aliran Empirisme
Tokoh aliran ini adalah John Lock (Tahun 1632-1704 M), berpendapat bahwa anak lahir seperti kertas putih, anak lahir tidak punya apa-apa dan dibentuk oleh lingkungan).
v     Aliran Konvergensi
 
Tokoh aliran ini adalah William Stern (Tahun 1871-1939), Berpendapat bahwa seorang anak dilahirkan ke dunia sudah disertai pembawaan baik maupun buruk.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Komentar Yach!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites